Bupati dan Ketua DPRD Madina Kompak Bantu Korban Kebakaran

MADINA, Mohga – Bupati Mandailing Natal (Madina), HM Ja’far Sukhairi Nasution dan Ketua DPRD, Erwin Efendi Lubis, SH mengunjungi korban kebakaran di Desa Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan, Minggu (18/9/2022).

Kepala Dinas Sosial, Dedi Armansyah, Kepala BPBD, Edi Sahlan dan unsur Muspika Kecamatan Panyabungan turut serta mendampingi orang nomor satu dan tiga di Madina itu.

Dedi menyebut, pemerintah daerah menyerahkan bantuan sembako dan perlengkapan rumah seperti selimut dan jenis barang lainnya terhadap 10 keluarga yang menjadi korban kebakaran.

Selain itu, pemerintah daerah melalui Dinas Sosial akan menyerahkan bantuan uang melalui rekening yang diajukan masing-masing korban.

“Tadi, pak Bupati dan Ketua DPRD telah mengunjungi korban kebakaran di Lumban Pasir. Kita menyerahkan beberapa jenis bantuan, selanjutnya akan membantu uang melalui rekening. Tekhnisya menunggu hasil laporan dari Kecamatan, baru kita proses,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan turut berduka atas kejadian yang menimpa warga Lumban Pasir tersebut.

Sukhairi mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya ibu rumah tangga agar senantiasa hati-hati pada saat memasak.

Sebab, kebakaran yang menghanguskan 9 unit rumah kontrakan semi permanen kayu dan 1 rumah beton tersebut akibat kelalaian waktu memasak menggunakan kompor minyak tanah.

“Kebakaran ini diduga terjadi akibat ledakan kompor di salah satu kontrakan semi permanen kayu. Saya mengimbau masyarakat selalu waspada pada saat menyalakan api di rumah maupun lingkungan sekitar pemukiman,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Madina juga mengucapkan turut berduka atas peristiwa kebakaran ini. Berbagai jenis bantuan, kata Erwin sudah diserahkan kepada seluruh korban.

Erwin berharap, pemerintah daerah terus peduli terhadap nasib korban termasuk memberikan hak-hak yang seharusnya mereka terima.

“Secara langsung Bupati telah memberikan bantuan uang tunai terhadap korban. Sahabat saya, Sukhairi juga menekankan kepada dinas terkait agar secepatnya merealisasikan bantuan lainnya,” tegasnya.

Diketahui, peristiwa kebakaran yang menghanguskan 9 unit rumah kontrakan milik H. Bermawi terjadi pukul 17.00 WIB.

Kaurbin Ops Satreskrim Polres Madina, IPDA Bagus Seto melaporkan pada saat pemadaman api, mobil pemadam kebakaran pemerintah daerah dibantu mobil water canon ikut serta membantu masyarakat.

Bagus mengaku, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp 150 juta. (MN-08)