Desember 7, 2022

MADINA, Mohga – pengunjung taman kota yang berada di Kelurahan Kayu Jati tepatnya di depan RSUD Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) meminta pemerintah daerah memperbaiki fasilitas taman karena sudah lama dibiarkan

Pengunjung taman tersebut merupakan warga Panyabungan bernama Roi Asrul (49). Roi mengatakan taman Panyabungan itu mubazir padahal cukup bermanfaat bagi warga bila diperbaiki karena berada di pusat kota Panyabungan sebagai ibu kota Kabupaten Madina

“Taman ini banyak manfaatnya, setiap sore warga banyak yang mampir terutama keluarga pasien rumah sakit, sekedar melepas jenuh menjaga pasien, dan orang tua juga banyak yang bawa anaknya ke taman kota. Kita berharap agar taman kota ini diperbaiki dan ditata kelola dengan baik,” katanya, Minggu (20/11/2022)

Pantauan MohgaNews, kondisi taman Panyabungan rusak parah. Air mancur sudah lama mati dan berlumut, ditambah tempat duduk jorok, pagar juga sudah banyak hancur dan fasilitas tempat bermain bagi anak-anak juga tidak tersedia.

Menanggapi keluhan warga Panyabungan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kabupaten Madina, Khairul ST menyebut lahan taman yang berada di depan RSUD Panyabungan itu merupakan aset Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Namun demikian, Khairul mengaku tahun 2022 ini Pemda Madina sempat menganggarkan perbaikan taman tersebut namun kontrak batal dan akhirnya tidak ada pemenang tender.

“2023 tidak ada lagi anggaran kita untuk perbaikan taman Panyabungan karena lahan tanah taman itu merupakan aset Provinsi,” ungkapnya.

Eks Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Madina ini mengaku sudah menyurati Pemerintah Provinsi Sumatera agar aset tanah tersebut dihibahkan ke Pemda Madina, namun hingga saat ini belum ada jawaban. (MN-08)