PMI Madina Gelar Bakti Sosial Donor Darah di Kotanopan

MADINA, Mohga – jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bekerjasama dengan UPT Puskesmas Kotanopan menggelar bakti sosial donor darah bertempat di aula Kantor Camat Kotanopan, Kamis ( 15/9/2022).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun PMI ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 September 2022 dengan mengusung thema “Terus Tebar Kebaikan”

Tampak hadir dalam bakti sosial itu dari perwakilan PMI Madina, ketua PMI Kotanopan dr. Saleh Usman, Camat Kotanopan Pangeran Hidayat, Kapolsek Kotanopan AKP Budi Sihombing dan personil Puskesmas Kotanopan.

Sementara jumlah para pendonor yang ikut andil dalam dalam bakti sosial itu ada sebanyak 27 orang yang berasal dari berbagai instansi yang ada Kotanopan. Selain itu, terlihat juga donor dari kalangan masyarakat, wartawan, anggota Polsek Kotanopan , anggota Dan Ramil 14 Kotanopan, Lembaga Pemasyarakatan ( LP), pengawai perbankan dan pengawai kantor Camat setempat.

Ketua PMI Kotanopan dr. Saleh Usman Parinduri menyampaikan, kegiatan bakti sosial donor darah itu merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan akan sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

“Selain memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkan. Donor darah ini juga merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, dimana PMI Madina menggalang darah untuk keperluan kemanusiaan di rumah sakit.

“Mari terus tebar kebaikan. Jadi intinya kita mendonor untuk menolong sesama, kemudian dengan adanya donor ini persediaan darah di Madina terus tersedia dan kiranya jangan sampai kehabisan sebab pasti setiap saat dibutuhkan ,” uacapnya.

Saleh Usman Parinduri menjelaskan jumlah peserta donor darah ada sebanyak 27 orang yang berasal dari berbagai kalangan. ” Tadi memang ada sebagian masyarakat yang berniat mendonorkan darah, namun kondisinya tidak memungkinkan karena ada darah tinggi,” ujanya.

Ke depan ia berharap peran serta masyarakat yang ikut andil untuk donor darah ini bisa ditingktakan. Artinya, di kegiatan bakti sosial selanjutnya keikut sertaan masyarakat akan semakin banyak.

“Setetes darah kita sangat berarti untuk mereka. Semoga dengan kita melaksanakan aksi donor darah ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang memerlukan transfusi darah serta juga bermanfaat kepada diri kita sendiri ,” tuturnya.

Sementara Camat Kotanopan Pangeran Hidayat ditemui terpisah mengapresiasi dilaksanakannya aksi donor darah ini karena dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan dan juga manfaat kepada pendonor itu sendiri.

Kegiatan bakti sosial donor darah ini katanya, merupakan sesuatu yang bermanfaat, sebab dapat membantu kehidupan manusia khususnya bagi yang memerlukan transfusi darah. Dengan bakti sosial donor darah ini, kita beharap dapat membantu masyarakat Madina yang memerlukannya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu atas terselenggaranya kegiatan ini. Melalui bakti sosial ini kita telah mensosialisasikan pentingnya donor darah di kalangan masyarakat serta sebagai wujud kepedulian kita terhadap kesehatan masyarakat Madina,” tambahnya. ( MN-10)