Panwaslu MBG Tertibkan Alat Peraga Kampanye yang Menyalahi Aturan

0
493

MohgaNews|MBG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menurunkan alat peraga kampanye calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Madina 2020 yang Menyalahi aturan, Sabtu (17/10/2020)

Alat peraga kampanye berupa spanduk, baliho, dan banner yang dipasang atau ditempel pada tempat yang dilarang berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2020, diturunkan oleh petugas dan berkoordinasi dengan tim pemenangan pasangan calon di kecamatan. Yaitu yang berada di tempat ibadah, komplek pendidikan, dan jalan protokol.

Sebelum melakukan penertiban, Panwaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Polsek MBG dan petugas lainnya terlebih dahulu melakukan apel bersama.

Ketua Panwaslu Kecamatan MBG, Wahyudi SH mengatakan pada hari pertama penertiban Panwascam MBG sudah menurunkan sekitar 75 persen alat peraga kampanye yang menyalahi aturan.

“Alhamdulillah sudah sekitar 75 persen yang diturunkan. Kita menjalin koordinasi dengan tim pemenangan di kecamatan dan mereka bersedia menurunkan. Penertiban ini berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2020 atas perubahan PKPU nomor 6 dan nomor 10,” kata Wahyudi.

“Alat peraga sosialisasi setelah di turunkan untuk selanjutnya kita mengawasi proses penertiban, dan yang berhak penertiban ini adalah kabupaten dalam hal ini satpol pp, dan selanjutnya kita mengawasi penempatan atau pemasangan alat peraga kampanye yang ditetapkan oleh KPU, jadi di mana saja yang di perbolehkan, mana yang tidak boleh tetap kita awasi, yang dipasang sampai tanggal 5 desember nanti,” tambahnya.

“Sankinya kita akan berkordinasi dengan pihak terkait, khususnya pasangan calon, kemudian tim kampanye, bahwa kita akan merekomendasikan agar dipindahkan ke titik yang boleh dipasang,” pungkasnya.

Wahyudi juga berharap agar Pilkada nanti berjalan aman dan lancar sesuai harapan.

“Harapannya agar pemilihan kepala daerah nanti berjalan aman lancar sesuai harapan dan tetap mnjalankan protokol kesehatan,” harapnya. (MN-11)