Jon Nedi Piliang Dapat Penghargaan pada Haornas 2021 Padangsidimpuan

0
287
Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH menyerahkan penghargaan kepada Jon Nedi pada Haornas tahun 2021

SIDIMPUAN, – Peringatan Hari Olahraga Nasional tahun2021 di Kota Padangsidimpuan diadakan di Stadion HM Nurdin, Kamis (9/9/2021). Usai upacara yang dipimpin Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, peringatan yang diadakan setiap 9 September ini juga memberikan penghargaan bagi atlet, pelatih dan penggerak olahraga.

Wali Kota Padangsidimpuan dalam arahannya menyampaikan, pembudayaan olahraga dan peningkatan prestasi olahraga, dengan menggalakan olahraga dalam memperbesar basis-basis calon olahragawan potensial dan berbakat untuk memperkuat pondasi bangunan keolahragaan nasional yang berdaya saing. Dan itu tidak tumbuh secara instan, harus malalui proses berjenjang dari lingkungan terkecil. Maka, sangat diperlukan peranan keluarga dalam menerapkan pola hidup yang giat berolahraga sebagai suatu kebutuhan.

“Permasalahan terbesar saat ini derajat kebugaran masyarakat yang masih rendah. Dan sama-sama kita gerakkan gemar berolahraga, dari sini kemudian menjawab permasalahan itu. Dan di tingkat usia dini, akan akan menudahkan lahirnya bibit-bibit olahragawan yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” harap Irsan Efendi Nasution.

Tema Haornas ke-38 Tahun 2021 ini mebawa tajuk; Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju. Ini kata Wali Kota, sejalan dengan situasi pemulihan olahraga nasional setelah semua pagelaran olahraga di tahun sebelumnya terhenti karena adanya pandemi.

“Terimakasih kepada semua insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama kami dalam memajukan olahraga, semoga ke depan semua masyarakat dapat mencintai olahraga dan mempromosikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar,” katanya.

Wali Kota kemudian berharap, melalui olahraga yang teratur dan mematuhi protokolnkesehatan dapat menghambat perkembangan pandemi Covid khususnya di Kota Padangsidimpuan.

Selanjutnya, penghargaan kemudian diberikan kepada Atlet terbaik, pelatih dan penggerak olahraga di Kota Padangsidimpuan. Salah satu yang menerima itu yakni Ketua Askot PSSI Kota Padangsidimpuan Jon Nedi Piliang.

Jon Nedi Piliang diketahui merupakan sosok yang menghidupkan kembali persepakbolaan di Kota Padangsidimpuan setelah lama mati suri. Pada awal ia memimpin organisasi yang menaungi sepakbola itu, Jon Nedi pun langsung membikin turnamen bagi para remaja khusus Kota Padangsidimpuan yang kemudian menjadi bibit-bibit atlet sepakbola untuk mengisi skuad Sidimpuan FC yang dibentuknya.

Sidimpuan FC tidak sekedar tim yang hadir saat ada pagelaran. Bersama Official, Jon Nedi pun memberikan latihan yang disiplin dan ketat. Sesekali, tim ini melakukan tur percobaan dengan tim di daerah lain di Sumatera Utara.

Konsistensi Jon Nedi dalam membina skuad perwakilan Padangsidimpuan ini pun akhirnya membuahkan hasil, Sidimpuan FC menjadi 1 dari 6 klub baru asal Sumatera Utara yang secara resmi diterima menjadi Anggota PSSI yang ditetapkan pada Kongres PSSI Tahun 2021 yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 29 Mei 2021.

“Alhamdulillah dan terimakasih untuk Wali Kota Padangsidimpuan atas penghargaan ini,” kata Jon Nedi usai menerima piagam penghargaan atas perannya dalam menggerakan olahraga ini. (MN-16)