PT Prima Agung Motorindo Sosialisasi Safety Riding Kepada Pelajar

0
584

MohgaNews|Madina – PT Indako Trading bekerja sama dengan PT Prima Agung Motorindo II Panyabungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Mandailing Natal

(Madina) mengadakan sosialisasi Safety Riding (Keselamatan Berkendara, red) bagi siswa-siswi SMK Negeri 3 Panyabungan, desa Sarakmatua, Senin (13/8)

Hadir dalam kegiatan itu kepala cabang PT Pima Agung Motorindo II, Sofian melalui kepala operasional, Handhika bersama kru dan karyawan, KBO Satuan Lalu Lintas Polres Madina Iptu Sudrajat bersama beberapa personil lalu lintas, dan Kepala SMKN 3 Panyabungan, Henri Sultoni.

Peserta dalam kegiatan tersebut sekitar 100an orang siswa-siswi. Dan instruktur Safety Riding bernama Muhammad Sofyan.

Kepala operasional PT Prima Agung Motorindo II Panyabungan, Handhika kepada MohgaNews mengatakan, selaku perusahaan distributor sepeda motor merk Honda, pihaknya mempunyai tanggung jawab sosial memberikan pembekalan keselamatan berkendara bagi semua lapisan masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai wujud tanggung jawab sosial kami selaku perusahaan distributor sepeda motor merk Honda. Artinya, kami bukan hanya menjual atau bicara bisnis saja, tetapi kami juga peduli pada tanggung jawab sosial berupa sosialisasi keselamatan berkendara bagi semua pengguna sepeda motor, bukan hanya konsumen kami saja,

“Kegiatan seperti ini sudah kami lakukan di beberapa sekolah, dengan harapan mereka menyadari pentingnya keselamatan berkendara,” ujar Handhika

Ia menyebut, peserta sosialisasi Safety Riding adalah pelajar sekolah, dikarenakan usia pelajar merupakan penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas dari sekian banyak kasus kecelakaan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Mandailing Natal.

“Sehingga melalui kegiatan ini kita harapkan ada pembenahan etika dan peningkatan keterampilan berkendara sebagai langkah awal mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Di sisi lain, Handhika menyampaikan terima kasih kepada jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Madina begitu juga dengan pihak SMKN 2 Panyabungan sehingga kegiatan sosialisasi Safety Riding dapat berjalan baik.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madina AKP Herliandri melalui KBO, Iptu Sudrajat mengatakan, kegiatan safety riding ini diharapkan peserta dapat memahami dan menyadari pentingnya menaati peraturan lalu lintas sebagai salai satu indikator keselamatan berkendara.

“Kita berharap siswa ini nantinya menjadi mitra kita dalam menyampaikan informasi pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas guna keselamatan berkendara. Mereka kita harapkan menyampaikan informasi itu kepada teman-temannya, keluarga dan lingkungan mereka bergaul,” harap AKP Herliandri

Sementara, Kepala SMKN 3 Panyabungan, Henri Sultoni kepada Metro Tabagsel mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada PT Prima Agung Motorindo II Panyabungan yang telah memilih sekolah untuk kegiatan sosialisasi Safety Riding.

“Kegiatan ini sangat bagus, karena masih banyak pelajar yang belum mengetahui keselamatan berkendara. Melalui kegiatan ini, kita harap siswa-siswi dapat berkendara dengan baik dan memakai perlengkapan keselamatan seperti helm SNI, menyiapkan dokumen kendaraan, dan mematuhi aturan lalu lintas,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, instruktur, Muhammad Sofyan menjelaskan tata cara berkendara yang baik, mulai dari penggunaan helm yang benar, pakaian lengan panjang, penggunaan sarung tangan, penggunaan celana panjang, dan sepatu boot yang semuanya untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara.

Ia juga menerangkan mengenai posisi fostur tubuh saat berkendara, cara duduk di atas kendaraan, mata memandang jauh ke depan, posisi pundak, siku, tangan, pinggul, lutut dan posisi kaki, termasuk cara menekan pedal rem dan sebagainya.

Mendapat penjelasan mengenai Safety Riding, para siswa mengaku sosialisasi tersebut banyak manfaat dan pengetahuan yang mereka peroleh. Karena, selama ini mereka menggunakan sepeda motor tanpa ada pembekalan cara berkendara yang nyaman dan aman.

“Banyak sekali pengetahuan yang kami dapatkan dari kegiatan ini, semua tujuannya untuk keselamatan kita selama berkendaraan,” sebut salah seorang peserta kepada wartawan (MN-01)