Pengadilan Negeri Dukung Program PWI Madina

MohgaNews|Madina – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) silaturahmi dengan Ketua Pengadilan Negeri Madina Deny Riswanto MH, Selasa (3/12)

Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan Lubis SPd didampingi Sekretaris Abdul Holik dan Bendahara Zamharir Rangkuti serta pengurus lainnya. Sementara Ketua Pengadilan Negeri Deny Riswanto didampingi Humas Galih Rio Purwono.

Pada kesempatan itu, Ridwan Lubis menyampaikan sejumlah program PWI Kabupaten Madina dalam meningkatkan kompetensi wartawan dan mewujudkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas jurnalistik di lapangan.

Salah satu program PWI kata Ridwan adalah melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang rencananya dilaksanakan tahun 2020. Selain itu, PWI kata Ridwan akan melaksanakan beberapa seminar tentang hukum yang bekerjasama dengan aparat penegak hukum meliputi Polisi, Kejaksaan hingga kerjasama dengan Pengadilan Negeri.

Tujuannya, agar wartawan yang bertugas di Madina lebih mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan kaidah penulisan berita hingga etika di lapangan.

“Pers adalah pilar keempat berdemokrasi di negara kita. Eksekuif, Legislatif, Yudikatif, dan berikutnya adalah Pers. Artinya, Pers punya peranan penting dalam sebuah negara demokrasi. Karena itu, kita ingin kehidupan demokrasi di Kabupaten Madina lebih hidup, dengan cara mebekali wartawan dengan berbagai ilmu pengetahuan dan menanamkan etika dalam melaksanakan tugasnya,” kata Ridwan dan Holik.

Dalam hal ini, sambung keduanya. PWI akan melakukan UKW di tahun 2020, sehingga bisa mewujudkan Pers yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Sementara, Ketua Pengadilan Negeri Madina, Deny Riswanto mengapresiasi atas rencana program PWI Kabupaten Madina dalam rangka mewujudkan wartawan yang kompetensi.

“Kami mendukung program PWI, apalagi untuk program pembekalan pendidikan untuk kalangan Pers yang bertugas di Madina,” kata Deny.

Ia menyebut, selain mendukung program PWI. Pengadilan Negeri Madina juga kata Deny terbuka untuk kalangan Pers melakukan peliputan berita di bagi wartawan yang memerlukan informasi. (MN-01)