Pemkab Paluta Pastikan Stok Bapokting Aman Sampai Lebaran

PALUTA – Pj Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat melakukan monitoring bahan pokok penting (bapokting) untuk memastikan stabilitas harga dan kecukupan stok menjelang Hari Raya Idul Fitri pada rabu (3/4/2024).

Turut serta dalam monitoring, Plh Sekda Paluta Makmur Harahap ST MM., Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Amrizal Nasution, Kapolsek Padang Bolak Harun Manurung SH, Para Pimpinan OPD, Camat Padang Bolak, Awaluddin Jamin Harahap, S.Sos, M.Si., serta Jajaran Staf Pemkab Paluta.

Dari hasil monitoring yang dilakukan, Pj Bupati menjelaskan stok bapokting dalam kondisi aman dan mencukupi untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri. Meskipun terdapat beberapa bapokting yang mengalami kanaikan harga, namun masih dalam kisaran yang wajar. Dirinya berharap, selain tercukupinya kebutuhan bahan pokok bagi warga, situasi di masyarakat menjelang Hari Raya dapat terjaga, tetap aman dan kondusif.

“Ada beberapa fluktuasi harga bahan pokok. Diantaranya cabai, gula, bawang merah, bawang putih sedikit mengalami penurunan. Sedangkan ayam potong dan daging sapi sedikit mengalami kenaikan. Kalau yang lainnya normal,”terangnya.

Di Pasar Gunungtua, rombongan menyempatkan untuk berinteraksi dengan para pedagang, diantaranya pedagang bumbu dapur, daging ayam dan sapi.

Sementara itu di gudang distributor dan Indomaret serta Alfamidi, Pj Bupati dan Forkopimda mengecek masa kadaluwarsa berbagai macam bahan makanan seperti mie instan, minyak goreng, kecap manis dan aneka jajanan ringan. Terdapat salah satu jenis makanan ringan yang hampir habis masa berlakunya yakni kurang dari satu bulan. Bupati kemudian melakukan koordinasi dengan pimpinan gudang distributor untuk upaya penanganannya.

“kita turun ke pasar untuk mengecek sejumlah harga kebutuhan bahan pokok di sana. Dari sini kita juga dapat mengetahui bahwa kebutuhan bahan pokok kita hingga Idul Fitri mendatang tercukupi atau aman,” pungkasnya. (DSP)