Pedagang Ikan Mas di Madina Memasok dari Pasaman Karena Alasan ini

0
254

MohgaNews|Madina – harga ikan mas di sejumlah pedagang di sekitar Panyabungan Mandailing Natal (Madina) masih stabil. Harganya saat ini Rp 29 ribu perkilo

Harga tersebut tidak ada perubahan setengah satu tahun terakhir.

Ramli (40) pedagang ikan mas yang beralamat di Jalan lintas timur Sipolupolu Panyabungan mengatakan, dalam sehari ia bisa menjual 500 kilogram hingga 700 kilogram. Tapi khusus untuk hari besar seperti malam pergantian tahun baru maupun hari libur idul Fitri ia bisa menghabiskan 1 ton bahkan lebih.

Kolam penampung ikan mas milik Ramli di jalan lintas timur Sipolupolu Panyabungan, Mandailing Natal

Ramli menyebut pasokan ikan yang ia jual berasal dari Kecamatan Rao, Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Adapun yang ia tampung dari peternak ikan di sekitar Panyabungan tetapi tidak memenuhi kebutuhan jualannya sehari-hari. Karena Ramli juga mengoper ikan ke pedagang di pasar dan pengusaha rumah makan. Untuk pedagang dan rumah makan, Ramli menurunkan harga sekitar Rp 3 ribu perkilo dari harga yang ia jual kepada pembeli rumah tangga.

“Pasokan ikan ke sini dari Rao Pasaman Sumbar, setiap hari saya menjual rata-rata 500 hingga 700 kilogram. Kenapa saya ambil dari Pasaman, karena persediaan ikan di daerah kita sangat tidak cukup, tapi kalau ada peternak kolam ikan tetap saya tampung juga,” ungkapnya. (MN-11)