Kades Singkuang 1: BLT Covid-19 Cukup Membantu Warga Kami

0
124

MohgaNews|Muara Batang Gadis – Pemerintah Desa Singkuang 1 Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal (Madina) kembali membagikan bantuan langsung tunai (BLT) Covid-19 tahap keempat ke warganya.

Singkuang 1 merupakan desa pertama dari 14 desa di Kecamata Muara Batang Gadis yang menyalurkan BLT tahap keempat. Ada 106 keluarga sebagai penerima BLT di desa tersebut. Penerima BLT dari dana desa ini di luar dari penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga di luar penerima Program Keluarga Harapan (PKH)

Kepala Desa Singkuang 1 Amsar Lubis mengatakan pembagian BLT tersebut diberikan kepada warga yang layak mendapatkannya sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Pembagian BLT ini kita lakukan transparan dan disaksikan perwakilan dari kecamatan dan pendamping lokal desa, BPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. BLT merupakan hak mereka yang sudah diatur pemerintah akibat dampak Covid-19,” kata Kades ditemui di ruang aula desa usai pembagian BLT tersebut pada hari Senin (14/9/2020).

Lanjut Amsar Lubis, untuk penyaluran tahap keempat ini setiap penerima memperoleh Rp 300 ribu dan akan berlangsung selama tiga bulan. Setelah penyaluran BLT ini, kata Kades, ke depan warga masih akan mendapat dua tahap lagi.

“Jumlah dana desa Singkuang 1 tahun 2020 ini Rp 700an juta, 25 persen dari jumlah tersebut peruntukannya ke BLT yang sudah dibagikan. Harapan kami bantuan tunai ini benar-benar bermanfaat bagi warga agar tetap terbantu ekonominya di situasi pandemi Covid-19.

“Kami atas nama masyarakat Desa Singkuang 1 mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat hingga ke Pemerintah Daerah atas bantuan tunai ini walaupun warga kami tidak terdampak secara langsung tetapi pandemi ini berdampak pada ekonomi masyarakat,” ungkapnya

penyaluran BLT tahap keempat tersebut Badan Permusawaratan Desa (BPD) Muksin, Pendamping Lokal Desa Murtaza, Ketua tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan semua penerima manfaat bantuan tersebut. (MN-13)