Bupati Madina Sumbang Alat Penangkal Virus ke Rumah Sakit USU

0
235

MohgaNews|Madina – Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs H Dahlan Hasan Nasution menyumbangkan alat penangkal virus bernama ‘Tariaq Firuz’ yang diciptakannya kepada Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu malam (5/8/2020)

“Alhamdulillah pak Bupati Madina menyumbangkan sebuah alat yang cocok untuk kesehatan dan menangkal virus. Namanya Tariaq Fyruz. Alat ini akan kami bawa ke Rumah Sakit USU untuk digunakan tim medis kita disana, RS USU salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

“Setiap dokter dan perawat nantinya setelah selesai bertugas, masuk dulu, gunakan alat ini dulu sebelum pulang. Karena amat bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kami saja tadi hampir 12 jam di perjalanan dari Medan ke Panyabungan, kami sudah letih sekali. Tapi setelah menggunakan alat ini, badan kami bugar. Alat ini bagus digunakan,” ujar Pembantu Rektor USU, DR Lahmuddin Lubis di rumah dinas Bupati Madina di Desa Parbangunan, Panyabungan.

DR Lahmuddin mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Madina kepada tim dari USU yang melakukan pengabdian masyarakat di Kabupaten Madina.

Ada beberapa sektor yang akan dikembangkan dari beberapa fakultas di USU. yaitu sektor pertanian, ekonomi, kesehatan masyarakat, dan teknik.

“Semangat pak Bupati sangat luar biasa, apalagi dalam pengembalian kejayaan kopi Mandailing. Kami sendiri sudah memberikan bantuan bibit kopi kepada masyarakat Muara Saladi Ulupungkut paska banjir bandang di sana. Kita akan bimbing masyarakat agar produktif di dunia pertanian,” katanya.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution kepada wartawan mengatakan alat tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Alat ini mengingatkan kita kepada para orang tua kita dahulu. Zaman dahulu kalau kita sakit dan demam, orang tua kita memberikan pengobatan tradisional, salah satunya adalah ‘Martup’. Martup inilah yang kita kembangkan sehingga tercipta alat ini. Fungsinya untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, karena virus itu mudah masuk apabila imun kita turun. Nah, alat inilah yang membantu supaya imun kita terjaga,

“Alat ini kita sumbangkan ke RS USU Medan sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19. Kita kasihan tenaga medis kita yang menangani pasien Covid-19. Inilah bantuan kita kepada tenaga medis yang bertugas di sana,” kata Dahlan. (MN-01)