Desember 7, 2022

MADINA, Mohga – 766 orang pegawai honorer Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan menerima gaji paling lama pada akhir November 2022, bulan ini.

Demikian disampaikan kepala dinas kesehatan Kabupaten Madina dr Faisal melalui kepala bidang Kepegawaian Dinas Kesehatan Ilman Nasution, Selasa (22/11/2022)

Ia menyampaikan, honorer tenaga kesehatan tersebut meliputi yang bekerja di Dinas Kesehatan, instalasi farmasi, 26 Puskesmas hingga bidan desa untuk seluruh wilayah Kabupaten Madina.

“paling lama akhir bulan ini, pegawai honor akan menerima gaji selama enam bulan sejak Mei hingga Oktober. Gaji mereka hanya ditampung selama sepuluh bulan sesuai SK,” katanya

Ilman mengaku telah berupaya mengusulkan gaji para pegawai honor tersebut. Seperti pada Senin kemarin, Ilman tertahan seharian di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam hal pengawalan SK yang menjadi syarat penggajian.

“Kemarin sempat seharian berkantor di BKD untuk mengawal SK yang menjadi syarat penggajian. Dan, hari ini kembali saya tanyakan pihak BKD, dan SK tersebut masih tertahan di bagian hukum,” ujarnya.

Prosedur pencarian anggaran gaji adalah melalui berbagai tahapan diantaranya setelah Wakil Bupati dan Bupati Madina menandatangani SK yang dimasukkan oleh bagian hukum Setdakab.

“Saya dan pak Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Faisal menargetkan SK tersebut paling lama ditandatangani pada Kamis 24 November, sehingga mereka bisa gajian pada akhir bulan sekaligus enam bulan,” ujarnya.

Ilman mengaku keterlambatan gaji tersebut murni kesalahan pihaknya dalam pengusulan SK. Karena pada saat itu, Dinas Kesehatan selama dua bulan fokus mengejar target pendataan Non ASN. (MN-08)