Patut Ditiru, Pj Kades Simangambat Peduli Warga yang Alami Gangguan Jiwa

0
366

TambanganI jajaran Pemerintah Desa Simangambat Tambangan Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terus melakukan kegiatan peduli kasih terhadap masyarakat setempat yang memerlukan bantuan kemanusiaan.

Seperti yang dilakukan pejabat sementara Kepala Desa, Muslih Lubis SSos yang memberikan bantuan termasuk pengobatan beberapa Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berdomisili di desa tersebut serta para penyandang disabilitas.

Kepada MohgaNews, Muslih mengatakan kegiatan tersebut sudah berlangsung selama setahun sejak ia menjabat. Ia mengaku biaya yang dikelurkannya merupakan biaya pribadi tanpa menyentuh anggaran Dana Desa (DD).

“Saya sudah ditugaskan di desa ini, masyarakat saya butuh bantuan yang berkepanjangan, tidak mungkin saya tolak. Berjalan setahun, ada 3 ODGJ saya tanggung biaya berobatnya mulai dari suntik bius agar tetap aman dan obat lainnya ditambah 1 orang penyandang disabilitas tidak mempunyai 1 kaki. Hari ini saya beli kaki palsunya,” kata Muslih, Rabu (31/3/2021).

Muslih mengaku, pihak pemerintah desa itu bekerjasama dengan Puskesmas Tambangan dalam hal penanganan medis, namun, biaya berobat diluar tanggungan BPJS adalah tanggungan pribadinya sendiri.

“Seperti pak Akhyar, dia adalah seorang guru mengaji anak-anak di desa ini. Kalau bukan dia siapa lagi yang mengajarkan agama ini untuk anak-anak, belakangan ini memang jamaah mengaji datang kerumahnya langsung, namun saya berfikir alangkah bagusnya dia langsung kerumah muridnya, pada saat itulah saya berfikir membelikan kaki palsu. Alhamdulillah hari ini rumahnya kami kunjungi untuk mengukur kaki pak Akhyar, tidak lama lagi akan terpakai kaki palsu itu,” jelasnya

Muslih berkomitmen akan selalu berbuat sebaik mungkin di desa itu demi kerukukan bermasyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat saya jalankan lagi, rezeki yang Allah berikan kepada kita bukanlah milik kita semua, namun ada hak orang lain juga, saya berharap kepada desa yang lain agar selalu memperhatikan masyarakatnya yang membutuhkan bantuan,” tutupnya. (MN-08)