Pasar Baru Panyabungan Akan Ditutup Karena Covid-19 Adalah Hoax

0
1186

MohgaNews|Madina – Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Jhon Amriadi menegaskan pihaknya tidak ada pemberitahuan akan menutup pasar baru Panyabungan terkait antisipasi Covid-19 atau virus corona. Ia menyebut isu itu adalah hoax.

“Perlu kami luruskan, Dinas Perdagangan dan Pasar tidak ada pemberitahuan akan menutup pasar baru Panyabungan. Bila ada isu pasar baru akan ditutup mulai tanggal 1 April, dapat kami pastikan adalah hoax,” kata Jhon Amriadi kepada wartawan, Sabtu malam (28/3)

Ia menjelaskan, Dinas Perdagangan hanya melakukan penyemperotan disinfektan di pasar baru Panyabungan secara rutin guna menghindari penyebaran virus Corona. Dan, ia menyebut aktivitas pasar tetap berjalan seperti biasanya.

“Yang ada petugas kita melakukan penyemperotan disinfektan, sekali lagi tidak ada penutupan,” tegasnya lagi.

Ia pun menghimbau agar masyarakat tidak memperkeruh situasi dengan menyebarkan hoax yang dapat meresahkan masyarakat. Di sisi lain, Jhon Amriadi menyarankan kepada masyarakat yang beraktivitas di pasar baru Panyabungan supaya memakai Alat Pelindung Diri (APD), setidaknya menggunakan masker. Dan, pedagang maupun pembeli di pasar agar menjaga kebersihan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Misalnya barang-barang konsumsi agar dicuci bersih dahulu sebelum dikonsumsi atau dimakan,” pesannya.

Kemudian, Dinas Perdagangan juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan penimbunan bahan-bahan pokok kebutuhan pangan masyarakat.

“Jangan sampai ada penimbunan barang dan bahan pokok makanan. Kami akan memantau pergerakan harga di pasar. Jangan masyarakat makin dipersulit dengan kenaikan harga akibat adanya penimbunan barang,” harapnya. (MN-01)