KPU Rekrut PPS Pilkada Madina Mulai 15 Februari

MohgaNews|Madina – bagi masyarakat yang ingin ikut berperan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Madina akan melakukan rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) di seluruh Desa/Kelurahan se Kabupaten Madina.

Ketua KPU Madina Fadillah Syarif SH melalui Kordinator divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat, dan SDM KPU Madina, M. Husein yang kepada MohgaNews, Selasa (11/2) mengatakan, proses pembentukan PPS di Pilkada serentak tahun 2020 akan dimulai pada tanggal 15 Februari hingga 14 Maret, dan terbuka seluas-luasnya bagi masyarakat.

Husein mengatakan, setiap desa/kelurahan akan mempunyai tiga orang petugas PPS dengan masa kerja  selama delapan bulan.

Sementara tahapan perekrutannya hampir sama dengan tahapan perekrutan PPK. Seleksi administrasi, seleksi ujian tertulis hingga seleksi wawancara.

“Tahapannya mulai dari pengumuman, penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi, pengumuman hasil penelitian administrasi, seleksi tertulis, pengumuman hasil seleksi tertulis

“Kemudian seleksi wawancara, pengumuman seleksi wawancara, dan pengumuman hasil seleksi PPS. Dan, sebelum pelantikan, ada juga tahapan masukan dan tanggapan masyarakat,” kata Husein.

Ia menyampaikan, seleksi ini terbuka seluas-luasnya untuk masyarakat. Termasuk bagi penyandang disabilitas

“Termasuk bagi penyandang disabilitas, sepanjang memenuhi persyaratan dan mampu melaksanakan tugas sebagai anggota PPS,” tuturnya. (MN-01)