Kongres XVI GP Ansor, Eks Ketum PB PMII Gantikan Gus Yaqut

JAKARTA – Addin Jauharuddin terpilih menjadi Ketua Umum GP Ansor 2024-2029 menggantikan Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut di Kongres XVI GP Ansor yang digelar di atas Kapal Pelni KM Kelud, Jumat (2/2/2024)

“Addin Jauharuddin sudah terpilih jadi ketua umum Ansor secara aklamasi,” kata Ketua PP GP Ansor demisioner Mabrur, dikutip dari CNNIndonesia.com

Mabrur mengatakan Addin dipilih oleh seluruh pengurus wilayah dan cabang GP Ansor yang memiliki hak suara di kongres.

Addin mengaku siap melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan Gus Yaqut selama masa kepemimpinannya.

“Melanjutkan apa yang sudah dilakukan Gus Ketum,” ujar Addin.

Sahabat Bendahara Umum sekaligus Ketua Panitia Addin Jauharudin. Insyaallah di kapal ini nanti akan ditetapkan jadi ketum menggantikan saya,” kata Yaqut dalam pidatonya di pembukaan Kongres GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Addin merupakan kader NU yang sudah malang melintang di pelbagai jabatan organisasi.

Ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum PB PMII periode 2011-2013. Kemudian ia juga tercatat sebagai Bendahara Umum GP Ansor di bawah pimpinan Yaqut. Ia juga mengemban jabatan Sekretaris Jenderal Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

Selain aktif di pelbagai organisasi, Addin juga pernah menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan BUMN seperti di PT Pos Indonesia dan kini masih menjabat sebagai Komisaris Independen PT Waskita Karya.

Nama Addin juga tercatat sebagai sekretaris Komite Industri Manufaktur dan Pengembangan Produk Halal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Sebelumnya Yaqut Cholil Qoumas sempat mengatakan ada kemungkinan Addin akan menggantikannya sebagai Ketua Umum Ansor di Kongres XVI. (Red/int)