Ketua TP PKK Madina: Layani Masyarakat dengan Humanis

0
227

BUKIT MALINTANG, – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Nyonya Hj Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution melakukan kunjungan kerja peninjauan Pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Huta Bangun Kecamatan Bukit Malintang, Senin (23/8/2021).

Eli Mahrani didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr Syarifuddin Nasution, Camat Bukit Malintang, Syukur Soripada, Kepala Desa Huta Bangun, Marataon, dan petugas dari Puskesmas Bukit Malintang.

Diketahui, Desa Huta Bangun memiliki 160 Kartu Keluarga. Informasi dihimpun dari pegawai Puskesmas Bukit Malintang, kegiatan Posyandu tersebut dilaksanakan rutin sekali dalam sebulan dan waktunya pagi hingga siang. Program tersebut di khususkan untuk balita dan ibu hamil

Saat pelaksanaan posyandu, ada 5 meja dengan berbagai fungsi. Meja pertama untuk pendaftaran pasien atau peserta yang ingin mengikuti pengobatan. Kedua, meja penimbangan berat badan bayi. Ketiga, pencatatan derajat kesehatan. Keempat, kegiatan penyuluhan dan yang kelima adalah meja kegiatan imunisasi.

Pantauan di lapangan, rombongan Ketua TP PKK Madina tiba di lokasi pukul 10.00 Wib dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah diantaranya wajib pakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki acara.

Dalam sambutannya, Hj Eli Mahrani menyampaikan kegiatan Posyandu ini harus benar-benar dilaksanakan karena menyangkut kesehatan anak dan ibu hamil. Ia juya meminta bekerja harus sesuai prosedur yang dianjurkan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan.

Sebelumnya, Hj Eli juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Muspika Kecamatan Bukit Malintang yang sudah bersusah payah untuk menyukseskan acara yang dimaksud.

“Pertama sekali saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Muspika Bukit Malintang atas kerendahan hati mempersiapkan acara ini. Perlu sama-sama kita kehatui, Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar,” kata Hj Eli Mahrani.

“Bagi tenaga kesehatan saya minta harus mengutamakan pelayanan humanis terhadap masyarakat. Jika mereka tidak mengerti tata cara berobat, kasih saran yang baik,” pintanya.

Selain itu, Hj Eli Mahrani juga meminta kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk sama-sama menerapkan protokol kesehatan dan tidak lupa juga berdo’a agar pandemi covid-19 segera berakhir.

“Terakhir saya minta penerapan protokol kesehatan, mari memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Ini harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika mau datang ke Posyandu pakailah masker dan jaga jarak antrian,” imbaunya.

Saat acara selesai, Hj Eli Mahrani menyerahkan bantuan kepada masyarakat Desa Huta Bangun khusus ibu hamil dan bayi. Jenis bantuan itu berupa susu SGM, susu ibu hamil dan roti balita. (MN-08)