Kemah Bersama Kwarran Pramuka Panyabungan Barat dan Hutabargot

MADINA, Mohga – prosesi pembukaan kemah bersama (Kemsa) dan pelantikan pengurus gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Panyabungan Barat dan Kecamatan Hutabargot di Bumi Wisata Sampuraga Desa Sirambas Mandailing Natal (Madina) berjalan sukses, Sabtu (18/6/2022).

Hadir pada acara tersebut, Camat Panyabungan Barat, Raja Hidayat Lubis, Korwil III, Abdul Rahim, Koramil 13 Panyabungan, Kapolsek Panyabungan, jajaran pengurus Kwarran Panyabungan Barat dan Hutabargot dan rombongan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Madina.

Semangat para siswa-siswi tingkat SD dan SMP, pembina Pramuka dan para tenaga pendidik dibawah naungan Kordinator Wilayah (Korwil) III UPT Dinas Pendidikan terlihat sangat tinggi. Lokasi perkemahan ini cukup luas dan terlihat aman selama perkemahan yang dimulai sejak 18 hingga 20 Juni 2022.

Bendera merah putih dan bendera Pramuka juga sudah terpasang rapi di depan kemah masing-masing setiap sekolah. Dengan susunan yang rapi, para murid dan guru diimbau untuk berprilaku baik, sopan dan menjaga kebersihan selama kegiatan.

Selain pembinaan mental peserta didik lewat kegiatan Pramuka, masyarakat setempat maupun dari luar Kecamatan sangat antusias berjualan jajanan makanan ringan anak-anak di lokasi acara.

Ketua Panitia acara, Budi mengatakan, pelantikan dilakukan hari Minggu malam yang dihadiri langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Madina, Drs Lismulyadi Nasution MM yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

”hari ini kita akan melaksanakan upacara kemah bersama. Kegiatan kemah bersama ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada pelajaran sekolah,” katanya.

Pembina upacara dari perwakilan Kwarcab Gerakan Pramuka Madina, Mahyuddin SPd menyampaikan titip salam Ketua Kwarcab atau ’kakak’ sapaan akrab bidang Pramuka, Drs Lismulyadi Nasution yang seogianya hadir pada pembukaan Kemsa.

”kakak Pramuka kita berharap dengan ketidakhadiranmya tidak mengurangi semangat para peserta kemah. Terus jaga kekompakan dan tanamkan sifat positif yang membawa dampak baik terhadap keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Pihak Kwarcab Pramuka Madina juga mengapresiasi semua pihak dan keluarga besar Gerakan Pramuka Kwarran Panyabungan Barat dan Hutabargot atas terlaksananya Kemsa dan pembentukan kepengurusan ranting pramuka ini.

”permendikbud nomor 64 tahun 2014 telah ditetapkan bahwa pendidikan kepramukaan adalah sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, kenapa demikian, tentu kegiatan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup serta akhlak mulia melalui pengamatan dan pengamalan nilai nilai pada Pramuka,” imbuhnya. (MN-08)