Kadernya Maju di Pilkada Madina dari Partai Lain, Ini Reaksi Ketua PKB

MohgaNews|Madina – dua orang kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maju di Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) tahun 2020.

Dua orang kader tersebut yaitu HM Ja’far Sukhairi sebagai calon Bupati dan Ir H Zubeir Lubis sebagai calon Wakil Bupati.

Ja’far Sukhairi berpasangan dengan Atika Azmi Utammi sebagai calon wakil, mereka diusung PKB dan PKS. sementara Ir H Zubeir Lubis berpasangan dengan HM Sofwat Nasution sebagai calon Bupati dan diusung Partai Demokrat, PAN, dan Partai Berkarya.

Dari kedua orang kader PKB tersebut, yang mendapat rekomendasi dari PKB adalah HM Ja’far Sukhairi Nasution.

Ketua DPC PKB Madina saat deklarasi pasangan calon Sukhairi-Atika di Pilkada Madina tahun 2020

Kondisi itu sempat jadi perbincangan masyarakat. Bahkan banyak yang beranggapan terjadi polemik di internal partai.

Ketua DPC PKB Kabupaten Madina Khoiruddin Faslah Siregar kepada MohgaNews, Senin (3/8/2020) mengatakan majunya dua kader menjadi calon kepala daerah adalah sebuah pencapaian, PKB mampu mencetak kader yang kompetitif.

“Sah sah saja, itu salah satu pencapain positif bagi PKB karna mampu mencetak kader yang kompetetif. Pak Zubeir juga bebas untuk merekrut tim yang beliau anggap kompeten. Tetapi untuk internal PKB, segenap pengurus dan kader ditekankan harus tetap pada rel, sesuai dengan AD/ART,” kata Faslah.

Ia menegaskan, walaupun ada dua orang kader partai yang maju, tetapi harus tetap tunduk pada keputusan partai.

“Dan meskipun (keputusan) tidak kita inginkan, jika ada yang melenceng dari AD/ART, akan kita berikan teguran resmi hingga tiga kali. Jika tetap tidak diindahkan akan dilakukan pleno untuk mengeluarkan rekomendasi kemudian koordinasi dengan DPW dan DPP. Karena DPC tidak memiliki kewenangan untuk memecat dan memberhentikan, yang berhak itu DPP,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui Zubeir Lubis yang maju jadi calon Wakil Bupati mendampingi Sofwat Nasution sebelumnya dia mengundurkan diri dari anggota DPRD Madina fraksi PKB. Melalui PKB Zubeir Lubis telah terpilih jadi anggota DPRD Madina selama tiga periode. Bahkan ia menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Madina periode 2014-2019 menggantikan HM Ja’far Sukhairi yang kala itu maju sebagai calon wakil bupati mendampingi Dahlan Hasan Nasution. (MN-10)