Hari ini Vaksin Pelajar di Polres Madina Mulai Berjalan

PANYABUNGAN, – Program vaksinasi bagi pelajar di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berlangsung mulai hari ini, Senin (6/9/2021), bertempat di Markas Polres yang fasilitasi oleh Tenaga Kesehatan. Vaksinasi massal ini dibuka mulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 14.00 Wib dengan menerapkan protokol kesehatan

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi Sik Msi kepada MohgaNews menjelaskan vaksinasi pelajar ini ditargetkan 2 hari dimulai tanggal 6 sampai 7 September 2021 dengan sasaran 700 orang siswa ditambah 200 pedagang.

“Program vaksinasi di Mapolres terus berjalan dengan pengawasan protokol kesehatan ketat, tanggal 6 hingga 7 September akan kita gelar vaksinasi bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Dosis 1 bagi pelajar sudah stand bay di Polres, begitu juga dengan sosialisasi ke sekolah di Madina sudah kita lakukan. Hasilnya, 7 sekolah SMA sudah ditargetkan setiap sekolah 100 orang,” kata AKBP Horas, Minggu (5/9/2021) lewat selulernya.

Selain pelajar sekolah umum, Horas mengaku pihaknya juga sudah koordinasi dengan Pesantren Musthafawiyah agar santrinya mengikuti vaksinasi.

“Vaksinasi untuk santri Musthafawiyah akan kita lakukan juga mulai tanggal 9 sampai 10 September dengan sasaran target 800 orang. Bagi siapa santri yang bersedia di vaksin, nantinya akan kita bantu fasilitasi,” jelasnya.

Polisi Lulusan Akademi Kepolisian tahun 2000 itu mengungkapkan, nantinya setelah kegiatan vaksinasi kepada pelajar dan santri selesai, akan digelar doorprize sebagai hiburan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Madina, dr Syarifuddin Nasution melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Maslan Wannahari Harahap SST mengabarkan stok dosis vaksin tahap 1 dan 2 untuk Madina masih banyak.

“Dosis vaksin kita di Madina masih banyak, yang menjadi kendala minat masyarakat mengikuti program ini masih rendah. Stok vaksin di Intalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Dinkes Coronovac 2 Dosis tersedia 40 vial atau setara dengan 3.130 dosis, Coronavac MDV (Covid-19 Multi Dose) 3.380 dosis serta vaksin Moderna sebanyak 7.812 dosis,” ujarnya.

Terakhir, Maslan menerangkan dosis vaksin di Polres Madina merupakan langsung penjemputan dari Provinsi karena kegiatan di Polres program tersendiri dari TNI-Polri.

“Dosis vaksin yang di Polres itu vertikal, mereka yang jemput langsung ke Provinsi. Sedangkan kita yang di Dinkes menyebar di seluruh Puskesmas,” tutupnya. (MN-08)