Harapan Petani Madina kepada Pjs Bupati

Panyabungan Barat| petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggantungkan harapan kepada Pjs Bupati Ir Dahler Lubis yang saat ini menjabat sebagai kepala dinas ketahanan pangan dan holtikultura Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan pemerhati tani, Putra Lubis (33) yang juga pelaku usaha pertanian komoditi pepaya Calina di Kecamatan Panyabungan Barat.

Putra mengatakan lahan pertanian di Madina sangat luas dan kualitas produksinya sudah diakui pengusaha domsetik maupun luar negeri.

“Alhamdulillah, lahan pertanian komoditi pepaya calina dari Madina sangat luas dan kualitasnya diakui pengusaha hingga ke Singapura dan kota besar di dalam negeri,

“Untuk saat ini, Madina penghasil buah pepaya calina yang lumayan besar. Saya sendiri mengeluarkan 60 ton perminggu untuk di kirim ke luar kota, ditambah dari petani yang lain, untuk seminggu kita perkirakan 100 ton dari Madina. Tidak menutup kemungkinan, bawang merah dan pisang barangan juga potensial untuk dikembangkan, penampungnya sudah ada,” ungkapnya

Terkait kunjungan Presiden RI ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Bumbahas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) minggu lalu, putra sangat mendukung kebijakan pemerintah terkait program pertanian.

“Kita sangat mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait program pertanian yang dikembangkan di Kabupaten Humbahas, Artinya dalam hal tersebut, Madina juga layak untuk dijadikan lahan ketahanan pangan melalui tanaman Holtikultura baik regional maupun internasional,” ungkapnya.

Karena itu, Putra berharap kepada Pjs Bupati Madina Ir Dahler Lubis yang masih aktif sebagai Kepala Dinas Ketahanan pangan dan holtikultura provinsi Sumut untuk memprioritaskan pengembangan holtikultura di Kabupaten Madina guna mendukung program Food Estate di Sumut

“Sebenarnya Pemerintah daerah sudah memperhatikan para petani yang betul-betul bergiat, namun karena bapak Pjs Bupati Madina saat ini aktif sebagai Kepala dinas ketahanan pangan, kiranya sektor pertanian di Madina bisa jadi skala prioritas kebijakan anggaran nanti di dinas ketahanan pangan dan holtikultura, kami petani sangat yakin dan percaya beliau bisa memajukan sentra produksi pertanian. Petani juga mengharapkan bantuan untuk pemasaran yang lebih luas agar tidak ada kendala bagi petani,” harapnya. (MN-08)