Dandim Tapsel Ajak Pers Edukasi Masyarakat soal Bahaya Covid-19

SIDIMPUAN,- Komandan Kodim 0212 Tapanuli Selatan, Letkol Inf Roy Chandra Sihombing silaturahmi dengan insan pers se Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) di aula Makodim, Jalan Imam Bonjol KM 2,5 Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, Kamis (16/9/2021) pagi.

Dalam acara itu, Dandim didampingi Para Kapolres di wilayah Tabagsel, para pimpinan organisasi wartawan termasuk PWI, AJI, IJTI,SMSI, perwakikan dari Diskominfo Kabupaten/Kota serta para tokoh dan jurnalis se Tabagsel yang diundang.

Dalam sambutannya, Letkol Roy menyampaikan pers sangat dibutuhkan dalam menyebarluaskan informasi yang benar dan akurat di tengah masyarakat.

“Kami mengajak rekan pers dan organisasi pers di wilayah kerja Tabagsel, mari kita bersinergi dengan Pemerintah, TNI dan Polri dalam menyebarluaskan dan menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat,” kata Letkol Roy.

Selain itu, Roy Sihombing juga menyinggung situasi pandemi covid-19 yang melanda negara Indonesia hingga saat ini. Ia meminta informasi dan pemahaman tentang bahaya covid-19 perlu disampaikan terhadap masyarakat melalui tulisan di Media.

“Masyarakat Indonesia pada umumnya di Tabagsel masih banyak yang tidak tahu menahu soal bahaya virus corona ini, karena itu kerja sama antara TNI dan Pers sangat dibutuhkan dalam mengampanyekan, menyadarkan masyarakat dalam bahaya virus covid-19 ini, berikan informasi yang benar dan akurat sehingga masyarakat percaya dan sadar dalam mengantisipasi terpaparnya virus tersebut,” ungkapnya.

Ditanggapi Ketua PWI Tabagsel, Sukri Falah Harahap. Ia mengatakan, pers merupakan pilar ke 4 di negeri ini dalam berdemokrasi, tanpa pers, roda pemerintahan tidak akan berjalan dengan lancar.

“Terimakasih tak terhingga dari kami insan pers di Tabagsel kepada Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing beserta seluruh jajaran. Karena telah mengikutsertakan kami insan pers menjadi bagian dari pelaku sejarah perjuangan meraih prestasi Juara 2 Nasional kategori Karya Jurnalistik TMMD ke 111.

“Terimakasih juga kepada TNI khususnya Angkatan Darat (AD). Karena sejak mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono melontarkan kata-kata motivasi di depan Forum Pemred pada tahun 2016, hubungan TNI AD dengan jurnalis atau media semakin erat dan lebih baik lagi,

“Kita yakin Tuhan itu Maha Tahu. Tetapi dunia perlu diberitahu”. Maknanya adalah kita sebagai umat beragama meyakini Tuhan itu Maha Segalanya. Tetapi kita juga harus ingat bahwa ummat manusia di dunia ini harus diberitahu atas segala perkembangan yang terjadi melalui berita hasil karya insan pers.

Harapan kami ke depannya, sinergitas kemitraan ini semakin lebih baik lagi. Sehingga prestasi demi prestasi untuk Kodim 0212/TS dapat kita wujudkan bersama.

Seperti halnya kesuksesan program Lumbung Ketahanan Pangan Nasional (food estate) yang diinisiasi Presiden RI Joko Widodo dan menghunjuk Kementerian Pertahanan sebagai penanggungjawab pelaksanaannya di lapangan.

Di Indonesia hanya ada dua provinsi yang ditetapkan sebagai lokasi food estate, yakni Kalimantan Tengah dan Sumater Utara.

“Sementara di Sumut sendiri hanya ada tiga kabupaten yang ditetapkan dan dua di antaranya berada di wilayah teritorial Kodim 0212/TS yaitu Mandailing Natal dan Tapanuli Selatan. Satu lagi Kabupaten Humbang Hasundutan,” ungkapnya. (MN-08)