3 Polsek di Madina Tak Lagi Menangani Penyidikan

0
1163

Panyabungan | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan keputusan bernomor Kep/613/III/2021 tentang penunjukan Kepolisian Sektor (Polsek) hanya melakukan Kamtibmas pada daerah tertentu. Dengan begitu Polsek yang termasuk dalam keputusan Kapolri tersebut tidak lagi menangani penyidikan melainkan hanya fokus memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat

Ada 1.062 Polisi Sektor di Indonesia tidak melayani penyidikan lagi, untuk di Provinsi Sumatera Utara ada 19 Polsek, dan 3 Polsek ada di wilayah hukum Polres Mandailing Natal (Madina)

.3 Polsek di Kabupaten Madina tersebut yaitu, Polsek Muara Sipongi, Polsek Panyabungan Selatan, dan Polsek Batang Natal

Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi SIK MSi kepada MohgaNews membenarkan peraturan baru tersebut. Ia menerangkan di Madina ada 3 Polsek sudah diberlakukan.

“Peraturan Kapolri terkait Polsek yang tidak melakukan penyidikan sudah final dan sudah diberlakukan, di Kabupaten Madina ada 3 Polsek,” kata AKBP Horas, Jum’at (2/4/2021) di rumah dinasnya

Horas Tua menjelaskan bahwa penunjukkan polsek yang hanya untuk harkamtibmas ini salah satunya berdasarkan program prioritas Kapolri di bidang transformasi, penataan kelembagaan, dan kegiatan penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.

“Peraturan itu dikeluarkan ada beberapa sebab di antaranya jarak tempuh wilayah. Penyidikan memang tidak dilakukan, tetapi penyelidikan kasus tindak pidana kita lakukan, dan untuk penyelesaian secara kekeluargaan tetap dilakukan di Polsek. Namun, kalau tidak ada penyelesaian atau melalui restorasi justice baru dilimpahkan ke Polres,” terang Horas.

Perwira menengah Polri itu berharap kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk di 3 Polsek tersebut agar tidak semena-mena untuk melakukan tindak kejahatan, ia mengimbau agar saling menjaga kerukunan bermasyarakat.

“Meskipun peraturan terbaru sudah diberlakukan, janganlah berbuat kejahatan atau hal buruk lainnya, mari sama-sama jaga Kamtibmas,” harap Horas. (MN-08)