Tebing di Tambangan Tonga Mengalami Longsor

TAMBANGAN – tebing di Desa Tambangan Tonga Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami longsor hingga menutupi badan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas dari Laru menuju Desa Panjaringan sempat mengalami kemacetan, Sabtu (25/11/2023)

Longsor ini disebabkan hujan deras yang terjadi pada Sabtu siang hingga sore, runtuhan longsor terjadi sekitar pukul 17.00 Wib. Kedalaman material longsor mencapai 1,5 meter dengan panjang menutupi jalan sekitar 50 meter.

Kepala Desa Tambangan Tonga Samsul Bahri Nasution mengatakan, kejadian ini tidak mengakibatkan korban.

“Ada dua titik longsor, badan jalan tertutup material longsor panjangnya sekitar 60 meter,” kata Bahri.

Akibat kejadian tebing longsor ini, terjadi kemacetan karena kendaraan tidak bisa lewat. Pemerintah Desa Tambangan Tonga dibantu warga menuju lokasi untuk memberikan bantuan.

“Aparat desa bersama warga melakukan gotong royong di lokasi membersihkan timbunan longsor di badan jalan agar bisa dilalui kendaraan,

“Alhamdulillah tadi sudah bisa dilalui kendaraan, kalau roda empat masih agak sulit lewat,” pungkasnya.

Pantauan mohganews di lokasi, terlihat ada retakan pada dinding tebing, kondisi itu menjadi ancaman akan terjadi longsor susulan mengingat cuaca hujan yang terjadi saat ini. Sedangkan di sisi lain jalan terdapat sungai Aek Tambangan yang juga saat ini debit airnya cukup tinggi. (MN-11)