Saparuddin Haji: Maju Jadi Legislator Wujud Bakti Saya Untuk Daerah

MohgaNews|Madina – Saparuddin Haji salah satu bakal calon anggota legislatif DPR RI untuk daerah pemilihan Sumut II. Niatnya maju hanya sebagai wujud pengabdian dan bakti bagi daerah.
Saat bincang-bincang dengan MohgaNews, Selasa (24/7) di Panyabungan, tokoh muda ini menyebut sudah saatnya keterwakilan masyarakat Mandailing di Senayan sebagai anggota DPR RI dalam rangka memperjuangkan aspirasi masyarakat. Apalagi selama ini kebijakan anggaran pusat belum menyentuh bagi masyarakat di daerah, khususnya Tabagsel, sehingga banyak ditemukan kasus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di daerah.
“Tujuan saya maju adalah sebagai bentuk pengabdian saya untuk daerah, kampung halaman saya sendiri. Melihat kondisi riil selama ini, masyarakat di daerah belum merasakan dampak positif dalam kebijakan anggaran pemerintah pusat.
“Ini dibuktikan masih banyaknya kasus PMKS di daerah kita. apalagi Tabagsel ini merupakan wilayah teritorial yang bisa dikatakan sebagai daerah perbatasan dua provinsi yang tentu saja masih jauh dari perhatian pemerintah. inilah salah satu yang jadi perhatian kami,” ujar pria yang karib disapa Akong itu.
disamping itu, pria yang pernah menimba ilmu di Cairo University itu juga mengungkapkan banyaknya persoalan sosial di daerah ini disebabkan kurangnya perhatian Pemerintah yang dampaknya adalah banyaknya pengangguran, sulitnya mendapat pelayanan dasar kesehatan, pendidikan. Termasuk kejadian-kejadian perampasan hak masyarakat yang diambil alih perusahaan besar yang berinvestasi di daerah.
“Kami banyak menemukan konflik sosial yang penyelesaiannya berlarut-larut. hak dasar masyarakat tidak bisa diperoleh hanya dikarenakan sistem yang tidak berjalan pada aturannya. ini akibat kurangnya perhatian untuk daerah. Disinilah mestinya peran Legislator di DPR RI untuk menyampaikan permasalahan yang dialami masyarakat ke Pemerintah melalui kementerian terkait.
“Karena, saat ini sudah banyak kewenangan pemerintah daerah yang diambil alih pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat, yang efeknya cukup menyulitkan bagi masyarakat mendapatkan hak mereka,” ungkapnya.
Dari berbagai problem yang ada, Saparuddin Haji yang pernah jadi Calon Bupati Mandailing Natal di Pilkada 2015 lalu itu menyampaikan, niatnya maju pada Pemilu legislatif tahun 2019 ini adalah untuk menjadi mediator penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat guna mendapatkan hak-haknya.
“Pemerataan pembangunan, penyeteraan status sosial adalah napas perjuangan kami, semoga niat kami ini direstui yang Maha Kuasa dan masyarakat dapat memahami bahwa keterwakilan putra daerah itu begitu penting dalam perjuangan aspirasinya” tambahnya. (MN-01)