Ray Rangkuti Bicara Pemerintahan Mandailing Natal

Langkah Pemda Mandailing-Natal untuk membenahi dan memperbaiki beberapa hal dalam struktur pemerintahan dan pelayanan tentu sesuatu yang menggembirakan. Khususnya, yang terkait dengan peningkatan efesiensi struktur organisasi Pemda, saat yang sama meningkatkan disiplin ASN, dan kemudahan pengurusan berbagai pelayanan administrasi dan perizinan bagi pelaku UMKM.

Sekalipun, hal-hal di atas, sebagiannya masih menunggu persetujuan DPRD, tetapi geliat ini sendiri memberi kesan positif akan arah perbaikan di Madina.

Perampingan struktur organisasi Pemda misalnya, dengan sendirinya akan memudahkan kordinasi, pengawasan, optimalisasi target, dan fokus. Hanya, yang perlu diperhatikan, perampingan itu kiranya jangan sampai menyasar ke dinas yang justru diharapkan jadi ujung tombak.

Peningkatan disiplin ASN tentu merupakan pintu utama, selain perampingan struktur, perbaikan kinerja dan pelayanan publik di Madina. Kita tentu mendukung langkah ini dilakukan, bukan saja untuk hari ini, tapi terus menerus. Pemda Madina tidak perlu ragu memberi insentif bagi ASN dalam rangka meningkatkan disiplin, etos kerja dan pelayanan.

Pelayanan satu pintu bukan saja meningkatkan efesiensi tapi juga sudah jadi kemustian di era saat ini. Semua peralatan tekhnis yang dihajatkan dalam mengelola sistem satu pintu, lebih dari cukup didapatkan. Ini soal kemauan saja. Maka terobosan Pemda Madina memperkenalkan pelayanan perizinan satu pintu ini sesuatu yang menggembirakan. Sekalipun masih terbatas pada perizinan UMKM. Ke depan, pelayanan satu pintu ini tidak hanya menyasar perizinan tapi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan perizinan atau pengurusan ke administrasian warga.

Berbagai perubahan di atas, layak dicermati sebagai keinginan dan pencapaian positif Pemda Madina dalam 100 hari masa kerja mereka. Semoga, pencapaian ini tidak sekedar mengejar kesan positif, tapi bertujuan untuk memastikan kabupaten Madina yang maju, sejahtera dan beradat. Selama segala sesuatu dilakukan dengan niat dan tujuan ikhlas, insya Allah, yang Maha Kuasa akan menolong dan mengangkat derajatnya.

Ray Rangkuti
Direktur/Pendiri LSM Lingkar Madani