PTPN IV Didemo Warga Batu Sondat: 17 Tahun Tak Ada Kejelasan

BATAHAN – sekitar 700an Warga Desa Batu Sondat yang tergabung dalam keanggotaan KUD Setia Abadi melakukan aski demonstrasi ke PT.PN IV untuk menuntut kekurangan lahan KUD sesuai MoU pada tahun 2007, Senin (08/07/2024).

Adapun luas lahan yang dituntut oleh masyarakat
sesuai dengan surat perjanjian nomor 04.12/S.PERJ/14C/IV/2007 ± 2.185,58, karena lahan yang diserahkan oleh KUD Setia Abadi berdasarkan surat perjanjian ± 2.400 ha, sedangkan yang terealisasi hanya ± 214,42 ha.

Salbani, Pls Menejer PTPN IV Unit Kebun Plasma Madina, di hadapan masyarakat Desa Batu Sondat meminta perwakilan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

Sementara Anggota KUD Setia Abadi Batu Sondat melalui Koordinator Lapangan, Najamuddin Nasution menolak permintaan dari PT.PTN IV, dalam hal ini anggota KUD turun ke lapangan untuk meminta kejelasan terkait masalah kekurangan lahan yang sudah berlarut-larut tak ada penyelesaian.

“Sudah 17 tahun permasalahan lahan ini kami tunggu tak kunjung ada penyelesaian, maka hari ini kami masyarakat Batu Sondat anggota KUD Setia Abadi minta kejelasan”, sebut Najamuddin saat orasi.

Kemudian lanjut Naja, jika tidak ada kejelasan maka mulai hari ini kami turun ke kebun untuk melakukan pematokan dan harapan mereka kepada seluruh management PT. PN IV untuk menghentikan semua operasional perusahaan di lahan yang dilakukan pematokan. (MAD)