Pimpinan DPRD Madina Sahuti Beasiswa Mahasiswa Berperstasi

0
583
Erwin Efendi Lubis, pimpinan DPRD Madina sementara

MohgaNews|Madina – pimpinan sementara DPRD Mandailing Natal (Madina), Erwin Efendi Lubis menegaskan tidak ada alasan Pemerintah Kabupaten Madina menghentikan beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri.

Tetapi, Erwin menyebut alokasi anggaran itu tergantung kondisi fiskal keuangan daerah, apakah memungkinkan ditampung atau tidak.

“Pada prinsifnya, tidak ada alasan untuk tidak ditampung, apalagi beasiswa itu guna membantu mahasiswa kita melanjutkan pendidikannya yang tujuannya untuk meningkatkan SDM masyarakat Madina,

“Namun, kita juga harus memahami, program tersebut harus berdasarkan kondisi keuangan daerah. Dan, tidak mungkin dipaksakan bila kondisi keuangan tidak memungkinkan,” kata Erwin kepada MohgaNews, Jumat (6/9)

Ia mengatakan mendukung penuh beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi supaya kembali ditampung di APBD Kabupaten Madina tahun 2020. Dengan harapan, beasiswa tersebut dimanfaatkan untuk keperluan proses perkuliahan. Artinya, penerimanya harus benar-benar diseleksi baik secara indeks prestasi kumulatif, juga kondisi riil ekonomi keluarga.

“Kita mendukung supaya kembali ditampung, tapi ke depan kita harus lebih memerhatikan kriteria calon penerimanya. Syarat untuk jadi peserta penerima harus dikuatkan lagi, jangan sampai beasiswa diberikan bagi yang tidak layak. Artinya apabila nanti memungkinkan untuk ditampung, semua persyaratan seleksi harus diperkuat,” kata Erwin. (MN-01)