Pemkab Madina Gelar Lomba Memeriahkan HUT RI ke-76

PANYABUNGAN,- Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan menggelar berbagai kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-76 tahun.

Kegiatan perlombaan ini sudah selesai dibahas Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi Nasution dengan beberapa Kepala Dinas (Kadis) termasuk, Kadis Pemuda dan Olahraga, Rahmad Hidayat, Kadis Pariwisata, Muhammad Yasir Lubis, Kadis Komunikasi dan Informatika, Syahnan Pasaribu, Kadis Sosial, Taufik Lubis, Kadis Pendidikan, Alamulhaq Daulay, Kepala Bapeda, Drs Lismulyadi Nasution, Kadis Pertanian, Siar Nasution dan Kepala Dinas Pariwisata, pada Rabu (4/8/2021)

Panitia Perlombaan HUT RI, Rahmad Hidayat menyampaikan, hasil pembahasan dengan Wakil Bupati diruang kerjanya hari ini menyimpulkan ada 7 kegiatan yang akan diselenggarakan dan berdampak langsung kepada masyarakat mulai dari tingkat pelajar hingga terbuka untuk umum dan pelaksanaannya secara daring (Dari Rumah Masing-Masing).

“Hasil rapat dengan Wakil Bupati tadi, ada 7 poin jenis perlombaan. Meskipun ditengah situasi pandemi covid-19, kita tetap menggairahkan semangat masyarakat melalui kegiatan lomba secara daring dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Kadispora, Rabu (4/8/2021).

Perlombaan yang pertama ada 4 lomba tingkat pelajar. Tingkat Paud/TK, dibuat lomba mewarnai. Tingkat Sekolah Dasar (SD) lomba melukis dan pembacaan ayat pendek, lomba pantun tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring (jarak jauh) dari rumah masing-masing pelajar serta tata cara pendaftaran akan di informasikan sekolah masing-masing diseluruh Kabupaten Madina.

Rahmad menjelaskan 4 jenis lomba di atas dimulai sejak tanggal 5 Agustus hingga 11 Agustus dan nominasi yang akan dibawa ke Kabupaten hingga peringkat 6 saja dan kembali diadu di gedung serba guna Desa Parbangunan untuk menciptakan pemenang peringkat 1 sampai 3.

Selain itu, perlombaan untuk umum juga diadakan 3 bentuk lomba, pertama lomba cita rasa kopi mandailing yang dimonitori oleh seluruh barista yang ada di Madina. Kegiatan itu dilaksanakan 16 Agustus di gedung serbaguna. Kedua, perlombaan Vlog atau video pendek tentang inovasi lingkungan. Penyelenggaraannya bisa perseorangan atau kelompok dan Video pendek itu nantinya dikirim ke panitia. Waktu pelaksanaan dimulai sejak 6-15 Agustus. Ketiga, lomba kebersihan kantor dinas masing-masing di Pemkab Madina.

Sekadar informasi, semua kegiatan lomba di atas nantinya akan disampaikan pihak Pemda Madina melalui instansi masing-masing tingkat bawah ke masyarakat. (MN-08)