Jual Minyak Nilam dan Sereh Wangi di sini Saja

MohgaNewsIMadina – bagi anda yang punya minyak nilam dan minyak sereh wangi tapi bingung mau dijual kemana, sekarang tak perlu bingung lagi, karena anda bisa menjualnya ke Kelurahan Kota Siantar Kecamatan Panyabungan Mandailing Natal (Madina)

Namanya Faisal (37) pria ini merupakan pengumpul minyak Nilam dan serai wangi yang sehari-hari berkeliling di pekan tradisional. Dan terkadang petani datang sendiri menjual ke rumahnya di Jl H. Muhammad Said simpang mesjid Taqwa Kelurahan Kotasiantar.

Kepada MohgaNews, Kamis (9/7/2020) Faisal mengatakan penjualan minyak Nilam beberapa bulan ini mulai menurun akibat petani nilam mulai beralih ke tanaman holtikultura. Hal itu disebabkan tingginya ongkos penyulingan atau pengolahan dan tidak seimbang dengan hasil penjualan.

“Mulai awal tahun 2020 stok barang kita sudah menurun, biasanya dalam 1 minggu kita memiliki target 200 kilo namun untuk tahun ini menurun, tidak stabil lagi,” katanya

Ia mengatakan pasar yang ia kunjungi adalah pasar Sinonoan Kecamatan Siabu dan pasar lainnya.

“Hari rabu saya mulai dari pagi hingga sore di pasar Sinonoan untuk menunggu petani yang mau menjual minyak nilam, minyak sereh wangi, dahan susu harimau, kakao, dan pinang. Untuk harga nilam bervariasi karena beda daerah beda kualitasnya. Dan saya siap menampung komoditi tersebut,” ungkapnya.

Faisal menyebut banyak sekali manfaat minyak nilam dan minyak sereh wangi.

“Minyak nilam adalah salah satu minyak atsiri dihasilkan dari tanaman nilam yang merupakan komoditas unggulan nasional di Indonesia. Minyak nilam sendiri punya banyak kegunaan, mulai dari pembuatan parfum, pembunuh serangga, hingga bermanfaat pula sebagai obat-obatan,

“Sedangkan manfaat minyak sereh wangi adalah melawan infeksi pernafasan dan mendukung pencernaan atau kesehatan usus,” tambahnya. (MN-11)