Eveline: Rakyat Tidak Boleh Menderita, Saya Perjuangkan Yang Mereka Butuhkan

MohgaNews|Madina – anggota DPRD Mandailing Natal (Madina) dari fraksi Partai Hanura, Eveline Sago SE mengadakan reses pertama masa jabatan 2019-2024 yang bertempat di Madrasah Nurul Huda, Desa Sinunukan Central Kecamatan Sinunukan, Minggu (22/12).

Hadir sekitar 300an masyarakat perwakilan berbagai desa di Kecamatan Sinunukan. Mereka pun menyampaikan aspirasi untuk diperjuangkan menjadi kebijakan anggaran daerah di tahun anggaran berikutnya.

Turut hadir Camat Sinunukan Ridho Fahlevi Lubis diwakili Sekretaris Camat, kemudian beberapa kepala desa di Kecamatan Sinunukan, tokoh masyarakat, pemuka agama, unsur kepemudaan dari berbagai desa, serta kaum ibu dan pengurus PKK desa di Kecamatan Sinunukan.

Pantauan wartawan, kepala desa maupun tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang memberikan sambutan dalam Reses itu menyampaikan terima kasih dan rasa bangga mereka kepada anggota DPRD Madina Eveline Sago yang memilih Kecamatan Sinunukan sebagai tempat Reses pertama masa jabatan 2019-2024.

Mereka mengaku bangga, atas terpilihnya Eveline Sago menjadi perwakilan masyarakat di DPRD Madina sekaligus mewakili kaum prempuan, dan berharap Eveline Sago bisa membawa hidup masyarakat makin sejahtera

“Ini penghormatan bagi kami semua, karena ibu Eveline memilih desa kita ini dan kecamatan Sinunukan sebagai kunjungan Reses pertama sejak dilantik bulan September yang lalu,” kata Kepala Desa Sinunukan Central, Juliyanto.

Ia mengungkapkan, harapan masyarakat Sinunukan amat besar kepada Eveline Sago guna menuntaskan berbagai pembangunan yang selama ini terkendala khususnya di bidang infrastruktur jalan, sarana air bersih, dan pembangunan lainnya termasuk pemberdayaan masyarakat.

Seperti contoh, kata Juliyanto. Akses jalan dari Bukit Masa menuju Sinunukan yang sampai hari ini belum tuntas. Sehingga masyarakat setempat merasa tidak diperhatikan pemerintah.

“Sudah 40 tahun masyarakat Sinunukan dan Batahan mendambakan pembangunan akses jalan Bukit Mas menuju Sinunukan dan Kecamatan Batahan panjangnya sekitar 12 kilometer, warga sangat berharap, pembangunan dan peningkatan jalan penghubung ini bisa terelasisai. Tentu kami berharap ibu sebagai wakil rakyat yang kami pilih dan kami perjuangkan, bisa memperjuangkan pembangunan jalan ini hingga tuntas,

“Kami yakin, ibu Eveline Sago bisa memperjuangkan jalan ini, apalagi programnya sudah masuk E-planning oleh Pemerintah Daerah, karena itu kami berharap ibu bisa mengawalnya agar tidak ada kendala lagi. Dan kami yakin, bila akses jalan ini sudah dibangun, masyarakat akan lebih sejahtera lagi,” ujar Juliyanto.

Tokoh masyarakat Sinunukan, Suroto, dalam sambutannya menyampaikan, selain pembangunan infrastruktur yang diharapkan masyarakat, di sisi lain warga juga sangat berharap Eveline Sago memperjuangkan anggaran untuk program pemberdayaan masyarakat khususnya kalangan perempuan dan pemuda.

Suroto menyebut, program pelatihan ekonomi kreatif amat penting bagi kalangan pemuda dan kaum ibu, sehingga dapat membantu perekonomian rumah tangga. Di sisi lain, apabila pemuda telah dibekali dan diberdayakan, hal itu akan mengurangi kegiatan negatif di tengah-tengah masyarakat.

“Hal ini kami kira bisa ibu perjuangkan ke Pemerintah Daerah melalui SKPD yang membidanginya, supaya program yang sudah dirancang melalui Dana Desa bisa disempurnakan dengan anggaran daerah,” tuturnya.

Kepala Desa Sinunukan 2, juga menyampaikan usulan supaya bantuan sosial untuk rumah ibadah dapat dikucurkan guna membantu pembangunan tempat ibadah di berbagai desa di Kecamatan Sinunukan. Selain bantuan pembangunan atau rehab rumah ibadah, mereka juga mengusulkan agar petugas penjaga kebersihan masjid dan pemakaman agar dapat ditampung dalam APBD Madina pada tahun anggaran berikutnya.

Dan, warga setempat juga mengusulkan pembangunan sarana air bersih untuk desa-desa di Kecamatan Sinunukan.

Menananggapi aspirasi yang disampaikan para kepala desa dan tokoh masyarakat Kecamatan Sinunukan itu, anggota DPRD Madina Eveline Sago mengatakan, usulan aspirasi tersebut akan ia perjuangkan sehingga dapat terwujud untuk anggaran tahun berikutnya. Tak lupa Eveline Sago menyampaikan terima kasih kepada semua masyarakat Sinunukan dan Kecamatan lain di wilayah Daerah Pemilihan 4 yang telah memberi amanah dan memilihnya pada Pemilu Legislatif bulan April tahun 2019 yang lalu.

Ia menyampaikan, masyarakat harus bisa menikmati pembangunan secara merata tanpa ada yang merasa tertinggal atau tidak diperhatikan pemerintah. Karena, amanat UUD sudah jelas bahwa semua warga negara berhak untuk hidup layak dan sejahtera.

Namun, Eveline mengingatkan, dalam menyusun kebijakan anggaran daerah, Pemerintah bersama DPRD akan melakukan kajian dan pembahasan skala prioritas. Artinya, usulan aspirasi masyarakat tersebut akan ia perjuangkan sebaik mungkin melalui kewenangan yang ada di DPRD Madina

“Saya berterima kasih kepada bapak ibu semua yang telah hadir dan menyampaikan aspirasinya. Saya pastikan, semua aspirasi yang bapak ibu usulkan akan saya perjuangkan di DPRD Madina, sehingga apa yang kita inginkan dapat terealisasi terutama pembangunan infrastruktur jalan dan program pemberdayaan masyarakat. Karena, saya dipilih bapak ibu tugas saya untuk memperjuangkan keinginan kita semua.

“Rakyat tidak boleh menderita, tidak boleh merasa tertinggal dan tidak diperhatikan. Karena kita punya hak yang sama sebagai warga negara,” kata Eveline.

Ia juga menegaskan, semua aspirasi tersebut akan dituangkannya dalam penyampaian paripurna reses di DPRD Madina. Selain itu, ia juga akan melakukan rapat kerja dengan instansi pemerintahan terkait, sehingga tidak ada satupun usulan masyarakat yang tertinggal. (MN-05)