Enoh Suharto: KEK Berjalan Ekonomi Masyarakat Akan Tumbuh

0
90
Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto

MohgaNews|Madina – Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melakukan kunjungan dan peninjauan ke lokasi KEK Mandailing Natal (Madina) di wilayah Kecamatan Batahan.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto mengatakan, KEK akan dapat menumbukan sendi-sendi ekonomi masyarakat.

Enoh menyebut, di sekitar kawasan KEK nantinya harus ada Rencana Detil Tata Ruang (RDTR).

“Kalau KEK berkembang nantinya harus ada juga aktifitas ekonomi diluar kawasan misalkan suplayer ke kawasan, ada hotel-hotel dan sebagainya,” sebutnya.

Infrastruktur yang dipersiapkan Pemkab Madina terhadap percepatan KEK ini mendapat resfon positif dari Dewan KEK karena Pemerintah Daerah telah membuat pelabuhan dan akses jalan.

“Ada pelabuhan, ada akses jalan ini merupakan hal positif tinggal penyelesaian jembatan harus segera dilakukan,” ujarnya.

Agar proses percepatan KEK ini berjalan cepat, Enoh menyarakan kepada Pemerintah Daerah agar mematangkan potensi bisnis pada KEK tersebut misalnya Kopi, CPO dan lainnya karena merupakan hal yang sangat penting.

“Intinya KEK itu adalah fasilitas dan kemudahan fasilitas dan perizinan. Kalau pengusaha berinvestasi ada fasilitas dan diberikan kemudahan serta perizinan dan fiskal yang dibutuhkan. Ini nanti akan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di kawasan, juga pertumbuhan daerah,” sebut Sekretaris Dewan Nasional KEK kepada wartawan. (MN-01)