Dipelopori Kecamatan Panyabungan, Bupati Resmikan Gerakan Setengah Miliar Masker

MohgaNews|Madina – Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs H Dahlan Hasan Nasution meresmikan Gerakan Setengah Miliar Masker untuk masyarakat Madina yang dimulai dari 30 Desa di Kecamatan Panyabungan, Minggu (23/8/2020)

Hadir Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi SIK diwakili Kapolsek Panyabungan AKP Andi Gustawi Lubis dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madina

Camat Panyabungan Idris Batubara beserta Ketua TP PKK Kecamatan Panyabungan, Danramil 13 Panyabungan, Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Mandailing Natal, Kepala UPT Puskesmas Panyabungan, Kepala Desa/Lurah, dan Ketua TP-PKK tingkat Desa/Kelurahan se-Kecamatan Panyabungan, serta unsur fasilitator kegiatan yakni Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se-Kecamatan Panyabungan.

Gerakan Setengah Miliar Masker untuk Desa Aman Covid-19” merupakan gerakan yang digagas Kementerian Desa, PDTT RI yang memerintahkan para Kepala Desa se-Indonesia untuk wajib melakukan pengadaan masker sebanyak 4 (empat) buah yang bisa dicuci bagi setiap warga dengan rincian 2 (dua) buah masker diadakan melalui Dana Desa dan 2 (dua) buah lainnya melalui swadaya masyarakat mampu (gotong royong). Pendistribusian dan sosialisasi masker ini nantinya akan dilaksanakan oleh Ibu-ibu PKK di tingkat Desa sesuai intruksi Menteri Desa, PDTT RI.

Camat Panyabungan, Idris Batubara dalam sambutannya menyebut, dasar pelaksanaan “Gerakan Setengah Miliar Masker” ini adalah Surat Edaran Menteri Desa, PDTT RI yang ditindaklanjuti Bupati Mandailing Natal pada tanggal 13 Agustus 2020 lalu. “Jadi, hal ini sudah disampaikan ke Desa-desa khususnya yang ada di Kecamatan Panyabungan. Untuk mensukseskan program ini, maka hari ini secara simbolis dilaksanakan peresmian Gerakan Setengah Miliar Masker tersebut yang akan dilakukan Bapak Bupati”.

Idris juga menambahkan, ada sebanyak 5.000 (lima ribu) masker yang akan dibagikan hari ini. “Adapun target untuk wilayah Kecamatan Panyabungan sebanyak 90.000 (Sembilan puluh ribu) masker. Kegiatan ini tentunya tak lepas dari peran semua pihak termasuk Kepala Desa/Lurah, TP-PKK dan para rekan-rekan Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa di Kecamatan Panyabungan. Dan kepada semua pihak saya ucapkan terimakasih.

Namun, dalam hal pengadaan masker di wilayah Kecamatan Panyabungan, Idris Batubara menyebut ada kendala, yakni ketiadaan alokasi anggaran untuk pengadaan masker di pemerintahan kelurahan. Saat ini ada 9 (Sembilan) Kelurahan di Kecamatan Panyabungan.

Sementara itu, dalam arahan dan bimbingannya, Bupati Mandailing Natal , Dahlan Hasan Nasution menyebut, bahwa gerakan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakat dalam rangka memutus mata rantai Covid-19. “Kita tentunya bersyukur bahwa Daerah kita tergolong zona hijau. Meskipun demikian kita tetap berupaya untuk tetap menjaga dan menerapkan protocol kesehatan dengan seminimal mungkin yakni menggunakan Masker. Dan tentunya kita berharap, berusaha dan berdoa semoga virus Covid-19 ini segera berakhir.” ujar Dahlan Hasan Nasution.

Bupati Dahlan Hasan Nasution juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Kecamatan Panyabungan selaku Pelopor “Gerakan Setengah Miliar Masker” di Kabupaten Mandailing Natal.”Semoga kagiatan yang sama juga dapat dilakukan oleh Kecamatan-kecamatan yang lain.

Menanggapi kendala yang disampaikan Camat Panyabungan terkait ketiadaan alokasi anggaran pengadaan masker bagi Kelurahan, Bupati Dahlan mengintruksikan OPD terkait agar paling lambat besok dirinya sudah menerima persetujuan pengadaan Masker bagi Kelurahan-kelurahan agar pengadaan masker bagi warga kelurahan juga dapat disalurkan. (MN-01)