Bupati Madina Aktifkan Kembali Pelayanan RSUD Panyabungan

0
161

MohgaNews|Panyabungan – Setelah lebih dari seminggu tidak aktif karena tenaga medisnya terpapar covid-19, pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan kembali dibuka sejak hari Sabtu (19/09/2020).

Hal itu sesuai dengan surat Bupati Madina bernomor 440/2603//TUPIM/IX/2020 tentang perihal pengaktifan kembali pelayanan kesehatan rujukan pada RSUD Panyabungan. Surat Bupati Madina tersebut ditindaklanjuti dengan surat Direktur RSUD Panyabungan tentang pengaktifan kembali pelayanan RSUD Panyabungan yang dimulai tanggal 19 September kemarin.

Namun di hari pertama pengaktifan, pelayanan yang dibuka baru sebatas Instalasi Gawat Darurat (IGD). Sedangkan untuk rawat jalan dan rapid test masih belum bisa disebabkan kurangnya staff tenaga medis.

Pantauan Mohganews, penghalang yang sebelumnya dipasang di depan gedung IGD kini sudah tak ada lagi, dan beberapa staff tenaga kesehatan tampak berjaga jaga.

Sedangkan untuk pelayanan rawat jalan, tampak tak ada satupun pasien dikarenakan dokter spesialis dan poli tidak dibuka.

“Yang buka baru IGD pak, rapid sama rawat jalan belum. Tenaga medis yang masuk baru sebagian,” ujar petugas Security ketika ditanyai wartawan.

Direktur RSUD Panyabungan drg. Bidasarai MM tak berhasil diwawancarai hingga berita ini diturunkan.

Berikut isi Surat Pengumuman pengaktifan pelayanan RSUD Panyabungan.

  1. Diperintahkan bagi semua pegawai RSUD Panyabungan yang hasil pemeriksaannya megative pada dua kali pengambilan swab dua hari berturut-turut untuk dapat bekerja sebagai mana mestinya mulai tanggal 19 September 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
  2. Pelayanan kesehatan rujukan akan disesuaikan dengan kondisi dan ketersediaan tenaga kesehatan saat ini dan jadwal petugas menyusul.
  3. Pelayanan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan radiologi menyesuaikan dengan kondisi petugas yang ada.
  4. Pelayanan penunjang lainnya menyesuaikan jadwal masing-masing.
  5. Bagi pegawai yang hasil pemeriksaannya masih satu sample negative dan atau belum keluar agar tetap melaksanakan protokol isolasi mandiri dirumah. (MN-09)