Bupati Ganti Dua Orang Pejabat Pelaksana Tugas di Pemkab Madina

PANYABUNGAN, – Bupati Mandailing Natal (Madina) Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution melalusi suratnya bernomor 821/1799/BKD/2021 melakukan pergantian pelaksana tugas Kepal Dinas Pendidikan dan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Madina.

Pergantian tersebut merupakan perubahan struktur dalam mengisi kekosongan jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madina.

Dalam surat Bupati itu, tertulis Plt Kepala Dinas Pendidikan yang sebelumnya dijabat Rahmad Hidayat digantikan oleh Alamulhaq Daulay SH. Alamulhaq saat ini juga sedang menjabat asisten Setdakab Madina. Kemudian, Plt Kepala Bappeda yang sebelumnya dijabat oleh Riswan Harahap digantikan oleh Drs Lis Mulyadi Nasution. Lis Mulyadi saat ini juga menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Madina, sementara Riswan Harahap menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madina.

Kabid Mutasi dan Promosi Jabatan Aparatur, BKD Kabupaten Madina, Kirsa Ahmad SE membenarkan telah terjadi perubahan struktural di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Madina.

“Tetapi itu merupakan agenda dari pengisian kekosongan jabatan dan untuk menunjang kinerja yang tertinggal,” ujarnya, Selasa (27/7/2021)

Kirsa menyebut pergantian ini dilakukan merujuk Surat Edaran (SE) Nomor : 2/SE/VII/2019 tentang kewenangan pelaksana harian dan pelaksana tugas dalam aspek kepegawaian.

Surat Edaran tersebut menjadi pedoman bagi instansi Pemerintahan dalam melakukan penunjukan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas sehingga proses kerja dapat tetap berjalan efektif, serta menentukan batas kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas

Kemudian hal itu dipertegas lagi dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negri (Mendagri) Nomor : 273/487/SJ tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020

Dalam surat lembar ke III point 5 huruf C (fhoto surat terlampir) menegaskan jika pergantian pejabat struktural dan pejabat fungsional dilaksanakan apabila belum dilaksanakan seleksi terbuka, maka untuk mengisi kekosongan jabatan dapat diangkat pelaksana tugas (Plt), dengan mempedomani Surat Edaran kepala Badan Kepegawaian Daerah dengan Nomor : 2/SE/VII/2019 tertanggal 30 Juli 2019 tentang kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas dalam aspek kepegawaian.

Kirsa juga menjelaskan hal ini semua berpedoman dalam Surat Perintah dan ingin menunjang kemajuan roda Pemerintahan di Kabupaten Madina dan Bupati Muhammad Ja’far Sukhairi berharap kepada pejabat yang ditugaskan agar dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya.

Sebagaimana keinginan Bupati Mandailing Natal HM Ja’far Sukhairi ingin mengejar ketertinggalan Pemda Madina dalam penyerapan anggarannya sesuai dalam laporan dalam rapat perdana kemarin jika Pemda Madina baru mampu menyerap anggaran Sebanyak 39 persen

“Bupati berharap dengan pejabat yang baru ditugaskan agar bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” tambahnya. (MN-01)