9 Februari Vaksinasi Dilaksanakan di Madina

Panyabungan| sesuai dengan keputusan Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs Dahlan Hasan Nasution, proses Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akan dimulai pada tanggal 9 Februari mendatang bertempat di Bagas Godang Pemkab Madina Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Madina Dr Syarifuddin Nasution melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Maslan Wannahari Harahap SST kepada MohgaNews, Jum’at (5/2/2021).

”Kita sudah koordinasi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Madina setelah Vaksin sampai, Alhamdulillah kita mengapresiasi karena batas maksimal kuota untuk pejabat hanya 10 orang aturannya dari Pusat, di Madina sudah 16 orang yang terdaftar untuk VVIP,” kata Maslan.

Ia menyebut, Bupati Drs Dahlan Hasan Nasution telah bersedia untuk mengikuti Vaksinasi tersebut, karena terkendala diumur, tidak bisa untuk di Vaksin.

”Pak Bupati sangat setuju untuk di Vaksin, beliau juga mendukung program ini, karena umurnya telah melewati aturan maka tidak bisa ikut lagi, batas untuk Vaksinasi 18-59 tahun,” ungkapnya.

Kabid Imunisasi itu juga mengatakan, setelah Pejabat Madina tersebut selesai divaksin, akan dilanjutkan pelaksanaan ditingkat fakses yang terdaftar dan memenuhi syarat.

”16 orang pejabat tersebut diantaranya Wakil Ketua 2 DPRD, Asisten Bupati, Wakapolres, Koramil dan pejabat lainnya termasuk Ketua Pengadilan Agama, setelah itu dilanjutkan kepada Tenaga Kesehatan yang sudah mendapat notifikasi dan memenuhi syarat,” tutupnya.

Sebelumnya, Vaksin untuk Kabupaten Madina sampai pada 2 Februari kemarin dikawal oleh Satuan Lalu Lintas Polres Madina, setelah itu disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Madina.

Dapat diketahui, Vaksin diterima sebanyak 3.960 dengan sasaran penerima 1.966. Untuk pemberian 1 sudah diterima, selanjutnya pemberian 2 waktunya 14 hari dari pemberian pertama, sesuai dari keterangan Dinkes, apabila ada penambahan sasaran, akan dikordinasikan kepada Dinkes Provinsi Sumut. Karena saat ini, KCP pen dan Pusdatin masih terus melakukan perbaruan data. (MN-08)