Pemerintah Siapkan 10 Kg Beras Ke 20 Juta Penerima Bansos

0
87

Jakarta | Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah mempersiapkan anggaran untuk bantuan beras sebanyak 10 kg kepada 20 juta penerima program bantuan sosial (bansos) tunai.

Ia menjelaskan 10 juta di antaranya akan disalurkan kepada kelompok penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) dan 10 juta lainnya diberikan kepada penerima bantuan sosial tunai (BST).

“Pemerintah menyiapkan untuk 20 juta (penerima) masing-masing sebanyak 10 kg dan ini sedang dalam proses di Bulog dan Kementerian Keuangan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7).

Pemerintah juga mendorong program yang ada di Kementerian Koperasi dan UKM, yaitu bantuan produktif usaha mikro (BPUM) sebesar Rp1,2 juta untuk 3 juta pengusaha kecil atau UMKM.

Program tersebut akan didorong dan diutamakan pada daerah-daerah yang melaksanakan PPKM Darurat.

“Ini program yang akan segera dipersiapkan Kementerian Koperasi dan UKM,” jelas Airlangga.

Menurut dia, pemerintah juga sudah mempersiapkan dana untuk program-program tersebut dalam anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEM).

“Pemerintah juga mendorong dukungan-dukungan lain untuk PPKM ini. Tentu, pemerintah sudah mempunyai alokasi yang dimasukkan dalam program pemulihan ekonomi nasional,” tandasnya. (MN-red/int)