Banjir Besar di Mandailing Natal, Komplek STAIN Hancur

MohgaNews|Madina – banjir besar yang terjadi pada Rabu malam (7/11/2018) di kabupaten Mandailing Natal menyebabkan sejumlah wilayah pedesaan terkena dampak, pemukiman penduduk hancur, begitu juga dengan fasilitas umum seperti jalan dan sebagainya.

Banjir besar ini disebabkan hujan lebat mulai Rabu siang hingga kamis dini hari. Debet air di pemukiman penduduk mencapai 1,5 meter.

Seperti terjadi di komplek STAIN Madina dan perumahan Vinago yang tak jauh dari komplek pendidikan STAIN Madina. Rumah warga dan fasilitas umum di sekitar komplek tersebut hancur diterjang derasnya air sungai Batang Gadis.

Pemukiman penduduk digenangi air. Warga, pelajar dan mahasiswa yang bertempat tinggal di komplek itu terpaksa diungsikan di gedung serba guna desa Parbangunan.

Lalu, pada kamis pagi, warga setempat kembali ke rumah masing-masing guna membersihkan material banjir, rumah warga pun tampak dipenuhi lumpur dan sisa banjir lainnya.

“Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 21.00 Wib, waktu itu kami berada di warung kopi, dan sebagian keliling mengawasi sungai Batang Gadis, ternyata debet air sudah mencapai jembatan, dan sekejap saja air meluap dan menggenangi pemukiman warga perumahan Vinago,” sebut Muammar (25) warga yang bertempat tinggal di sekitar perumahan Vinago kelurahan Dalan Lidang Panyabungan.

Menurutnya, luapan air itu sangat cepat menggenangi pemukiman penduduk di sekitar komplek STAIN maupun perumahan Vinago.

“Genangan air sangat cepat, sehingga warga tak bisa menyelamatkan apa pun kecuali menyelamatkan diri dan anggota keluarganya,” ungkapnya.

Selain menggenangi pemukiman penduduk dan menyebabkan rumah warga rusak, banjir juga menyebabkan jalan hotmix menuju komplek STAIN hancur diterjang banjir. Akses jalan terputus karena badan jalan sudah hanyut dibawa sungai.

Sementaram debet air sungai Batang Gadis yang berada dekat dengan perumahan Vinago pada Kamis pagi sudah mulai surut, tampak di sekitar jembatan rangka baja itu potongan-potongan kayu, dan jalan di sekitanya turut amblas dan terkelupas. (MN-01)